Senin, 15 September 2014

MANFAAT RENANG BAGI TUBUH

Manfaat renang bagi kesehatan tubuh manusia memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Berenang dapat melindungi diri dari stress dan ketegangan sehingga kegiatan berenang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Kegiatan berenang tidak dibatasi oleh usia, karenanya kegiatan berenang bisa dimulai sejak bayi hingga sudah tua baik anak – anak, remaja, dan orang dewasa bisa mendapatkan manfaat dari olahraga ini.
Kegiatan berenang dipercaya mampu meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh manusia karena mampu meningkatkan konsumsi oksigen 10 persen lebih besar di bandingkan dengan kondisi normal. Selain itu kegiatan olahraga berenang juga mampu mengurangi resiko stroke karena kegiatan berenang meningkatkan kinerja jantung dalam tubuh manusia sebanyak 18 persen dibanding kondisi normal.
Manfaat renang yang lain adalah mampu mengurangi tingkat obesitas tanpa perlu melakukan olah raga extra keras. Berenang bisa menurunkan kadar obesitas meski hanya dilakukan sambil refreshing dan melakukan aktivitas lainnya bersama keluarga atau dengan teman-teman lainnya. Berkurangnya tingkat stress dan banyak aktivitas lapangan yang dilakukan tanpa disadari ini ternyata mampu membakar kalori lebih efektif dan juga membuat sirkulasi darah menjadi lancar.
Aktivitas berenang mampu membakar kalori sekitar 500-650 per jam tergantung pada seberapa efisien kita. Pada awal penelitian pernah disimpulkan bahwa berenang mampu membakar sekitar 11 % kalori lebih sedikit daripada berjalan kaki tetapi hanya 3 % lebih sedikit kalori daripada bersepeda . Namun anda bisa membakar kalori yang lebih banyak dari berjalan kaki jika anda melakukan kegiatan berenang dengan keras sehingga manfaat renang bisa anda dapatkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
INDA'S WORLD Blogger Template by Ipietoon Blogger Template