Senin, 15 September 2014

MANFAAT BAWANG MERAH

Dalam penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli di dunia, dalam bawah merah banyak ditemukan senyawa kimia yang sangat penting bagi tubuh manusia, berikut beberapa uraian mengenai senyawa kimia penting yang ada pada bawang merah beserta manfaat bawang merah bagi kesehatan kita berikut ini:
1. Saponin, yaitu zat yang mampu mengencerkan dahak atau lendir pada saat batuk mendera. Jika seseorang menderita sakit batuk, maka dahak yang ada harus diencerkan agar saluran pernafasan bisa berjalan lancar dan kita jadi mudah bernafas karena tidak ada lagi halangan dahak.
2. Flavonglikosida, merupakan senyawa kimia yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri, karenanya bawang merah sering digunakan sebagai obat luka atau infeksi yang terjadi.
3. Minyak Atsiri, minyak ini bisa digunakan untuk membantu mengusir masuk angin, mengembalikan kesadaran seseorang yang jatuh pingsan, serta untuk menghilangkan rasa pusing dan mual.
4. Sikloaliin, zat ini merupakan zat yang bisa menurunkan suhu tubuh seseorang, sehingga bawah merah sering digunakan sebagai bahan obat penurun demam .
5. Floroglusin, zat ini terdapat banyak dalam umbi bawang merah dan merupakan zat yang sangat baik dalam mencegah terjadinya sel kanker.
6. Dihidroaliin, merupakan zat alami yang bisa membantu memperlancar pembuangan air seni, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang bermasalah dengan pembuangan air seni ataupun bagi penderita gejala batu ginjal.
Sebenarnya masih banyak kandungan senyawa kimia yang terdapat pada bawang merah, seperti peptide, protein, fosfor, dsbnya. Demikian uraian mengenai manfaat bawang merah bagi tubuh manusia.
Sumber: http://manfaatsehat.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 
INDA'S WORLD Blogger Template by Ipietoon Blogger Template