Kamis, 19 September 2013

RUMAH ADAT KALIMANTAN TIMUR



Rumah adat yang satu ini berasal dari Kalimantan Timur. Rumah adat suku dayak yang dinamakan rumah lamin ini merupakan rumah panggung yang panjang dan sambung menyambung, terdiri dari banyak kamar yang ditempati banyak anggota keluarga, bahkan dapat mencapai lebih dari 100 orang. Bahan bangunan utamanya dari kayu ulin berwarna hitam dan tahan lama.
Ruangan los yang panjang berfungsi sebagai tempat pertemuan, upacara adat, dan tempat tidur untuk laki-laki, pemuda, dan tamu laki-laki. Juga terdapat kamar-kamar yang berderet untuk ruang tidur keluarga dan gadis.
Ukiran dari rumah lamin ini memiliki ciri yang berpola ukiran abstrak dengan pengulangan garis dan seperti ular naga, burung topeng, kerangka manusia, dll.
Desain rumah ini tentu sebagai ciri khas dari rumah-rumah adat di Indonesia. Dimana Terdapat ukiran-ukiran, patung, dan dai bahan bangunannya sendiri yang pada umumnya menggunakan kayu.

Bangunan ini memiliki ciri bentukan yang mengulang serta memanjangBerbeda dari rumah adat lainnya. Rumah lamin memiliki sifat yang mengutamakan fungsi dari bangunannya. Tetapi tetap tidak menghilangkan ciri khususnya yang terdapat ukiran pada sisi bangunannya tertentu dan mengandung arti khusus.




0 komentar:

Posting Komentar

 
INDA'S WORLD Blogger Template by Ipietoon Blogger Template